Solusi Untuk Dinding Rumah yang Rembes Saat Musim

Saat musim hujan tiba seperti sekarang, sejumlah permasalahan mungkin timbul di rumah Anda. Salah satunya rembesan air di dinding rumah. Selain mengganggu estetika, hal ini juga bisa mengganggu kesehatan karena membuat ruangan lembap.

Rembesan air di dinding bisa disebabkan karena plester dinding tidak terlalu kuat. Atau, plester tidak bersifat waterproof alias tahan air. Bahkan plester yang tidak bersifat tahan lembap juga bisa berakibat demikian.

Rembesan air akan berbentuk noda-noda pada dinding. Bahkan untuk kasus yang parah, bisa juga terjadi gelembungan-gelembungan cat. Ini karena ada air di antara cat dan dinding. Alhasil cat juga lebih mudah terkelupas.

Dikutip dari berbagai sumber, Kamis (11/2/2016), berikut solusi rembesan air pada dinding yang mungkin membantu Anda.

1. Pelapis waterproof
Lapisi dinding rumah dengan pelapis waterproof. Ini bisa membantu menahan rembesan air, setidaknya untuk terlihat pada dinding ruangan Anda.

2. Plester ulang
Jika plester lama sudah terlalu banyak terkena rembesan air, maka Anda bisa dilapisi dengan plester baru. Anda bisa menambahkan zat aditif pada plester. Zat aditif adalah zat tambahan yang meningkatkan kualitas plester. Misalnya dengan menambahkan bahan yang bersifat waterproof atau dampproof akan mengurangi kemungkinan terjadi rembesan selanjutnya.

3. Periksa retakan
Dinding yang retak juga bisa menjadi penyebab rembesan air. Anda pun bisa menyemen ulang dinding yang retak kemudian diplester ulang dan dilapisi bahan waterproof.

 

www.liputan6.com